Rabu, Oktober 10, 2007

THR Belum Dibagi, Ratusan Buruh Geruduk DPRD


Rabu, 10/10/2007 14:09 WIB

Edy Ryanto - DetikSurabaya

Pasuruan - Gara-gara THR belum juga dibagikan hingga H-3 Lebaran, sekitar seratus buruh pabrik kayu dari Gempol melakukan unjuk rasa di kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Rabu (10/10/2007) pukul 12.00 WIB.

Sebelum menuju ke gedung dewan, mereka terlebih dulu melakukan konvoi bersepeda motor dari Gempol ke Raci Bangil.

Suryono Pane Koordinator aksi mengatakan, unjuk rasa ini terpaksa dilakukan. pasalnya ada beberapa perusahan belum mencairkan tunjangan hari raya (THR) kepada para buruh.

"Dari penelusuran saya di perkirakan ada 10 ribu buruh yang belum menerima tunjangan itu. Ini jelas melanggar ketentuan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 4 Tahun 1994 tentang Tunjangan Hari Raya," jelas Suryono.

Menurut Suryono, ribuan buruh yang belum menerima THR itu diantaranya karyawan yang bekerja di beberapa perusahaan yang tersebar di Gempol, Beji,
Pandaan, Sukorejo, dan Rembang. Beberapa buruh itu merupakan pekerja dengan sistem outsourcing, pekerja harian lepas, tenaga kontrak bahkan ada yang sudah
bekerja selama bertahun-tahun.

Sumitro salah satu buruh pabrik yang ikut dalam aksi ini mengatakan pihaknya hanya mendapat parsel berupa kue kering dari perusahaannya. "Saya butuh uang, tidak butuh kue," kata Sumitro singkat.

Sementara untuk kelancaran arus mudik yang melintasi di jalan raya Raci Bangil, polisi mengawal konvoi sepeda motor para buruh. Dengan demikian, meski ada seratus sepeda motor yang konvoi, arus lalulintas tetap lancar. (bdh/bdh)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wahhhhhhhhhhhhhhhhhh ceritanya jadi reporter di negeri sendiri nih??????????